STORY

This Is My Life and.....

STORY

Always Try to Become be confident

Minggu, 17 November 2013

TENTANG SOLO PART II










Kini Aku, Bukan Hanya Selembar 

Kain Sejarah Masa Lalu


Sandang merupakan kebutuhan pokok manusia paling terpenting. Sandang adalah apa yang kita kenakan yang berasal dari  bahan tekstil yang diproses menjadi pakaian yang pada akhirnya menjadi hal wajib kita kenakan. Sebuah kain memiliki cerita dalam setiap prosesnya,mulai dari proses pemintalan yang berasal dari serat alam maupun pada kain sintetis yang menggunakan serat buatan.

Ketika sebuah adat tradisi memiliki sebuah hal tak terduga disanalah letak keistimewaannya,ya kain tradisi lebih tepatnya. Setiap daerah Kota maupun mancanegara memiliki proses masing-masing dalam memproduksi sebuah produk tekstil. Di Indonesia yang terdiri dari berbagai wilayah yang tersebar bercirikaan negara kepulauan ternyata memiliki keistimewaan luar biasa khususnya pada produk tekstilnya.
Batik,siapa tak mengenal batik?. Di Indonesia di tiap wilayahnya memilki ciri khas batik yang berbeda,khususnya kota-kota penghasil batik terbesar seperti Pekalongan, Solo,Yogyakarta dan daerah lainnya. Di Pulau Jawa kain Batik telah mendarah daging,sejak zaman kerajaan dahulu kain ini telah diproduksi sebagai bahan sandang yang dikenakan oleh keluarga kerajaan yang memiliki ciri khusus yang tidak boleh dikenakan oleh rakyat biasa.
Setelah sekian lama perjuangan Indonesia mengembalikan nama Batik yang sebelumnya diklaim oleh negara lain,akhirnya UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Budaya Indonesia yang kini kita peringati setiap tanggal 2 Oktober menjadi hari Batik Nasional.

Kota Solo memilki event khusus untuk melestarikan kebudayaan batik, sebagai kota komoditir utama produksi Batik Solo memilki acara bertemakan Batik Seperti Solo Batik Carnival dan  Solo Batik Fashion. Kedua acara ini telah dikenal menjadi agenda wajibnya kota Solo apalagi SBC yang lebih dulu menjadi ciri yang menonjol Kota Solo. Tiap Tahun SBC diadakan dengan tema berbeda, dengan jumlah peserta/Talent yang diberi pelatihan khusus sebelumnya terlebih dahulu . Bukti dari eksitensi SBC telah mendunia,seperti pada tahun kemarin SBC ikut serta dalam undangan Festival Pasadena, Amerika dan sebelumnya juga telah ikut beberapa event di Singapura dan lainnya. Pada tahun ini kota Solo mengusung tema elemen air,tanah,api dan udara . karnaval yang pada tahun lalu diadakan pada malam hari namun berganti menjadi siang hari,dan mengundang antusias penonton untuk melihat karena pada siang hari  kostum-kostum terlihat jelas dari pada jika waktunya diadakan pada malam hari.



    Salah satu costume Solo Batik Carnival yang bertemakan Elemen Api.


Costume Solo Batik Carnival yang bertemakan Elemen Air.



Costume bertemakan Elemen Tanah.


Solo Batik Carnival memang memiliki beberapa kesamaan dengan festival karnival lainnya namun yang menjadi hal spesial,istimewa dan menonjol dari kota Solo adalah Batik. Kota Solo yang pertama kali mengangkat Batik menjadi karakter utama festival ini dan merupakan ciri khas yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain. Hal ini tepat sekali karena apa? Karena dunia mengenal Indonesia dengan Kain Batiknya,dan dengan karnival SBC ini Indonesia semakin dikenal oleh dunia,ketika Kain sejarah berbicara dan merambah kembali kejayaannya. Hal ini merupakan solusi efektiv dalam mengupayakan pelestarian budaya,Bravo! Kota Solo !


Selain SBC kota Solo juga memiliki event tahunan dengan dunia fashion juga tentunya yaitu Solo Batik Fashion yang pada tahun 2013 ini merupakan Solo Batik fashion Ke-5 yang diselenggarakan di Balaikota Solo. Acara ini merupakan hasil kreasi oleh desainer kota Solo dan juga diikuti oleh beberapa perancang dari luar Solo. Dengan penggunaan Batik pada setiap rancangan dan juga tema yang berbeda ditiap tahunnya, menghasilkan mahakarya yang luar biasa. Sebagai Kota yang mengusung kota Budaya, Kota Solo telah berhasil menyelipkan budaya pada event Fashion ini yang sekarang maraknya desainer-desainer Kota Solo mulai bermunculan tak lupa dengan kreasi desain barunya. Acara ini juga menjadi ajang promosi desainer-desainer top maupun desainer muda untuk unjuk kebolehan mereka dalam setiap menciptakan rancangan yang luar biasa dan tentunya unsur Batik yang tak pernah lupa. Dalam peragaan busana SBF ke5 , banyak sekali karya-karya luar biasa yang saya tonton pada waktu itu, ada yang bertemakan Dewi Durga,Casual,eksotika Papua,Jumputan dan lain sebagainya. 


                     Rancangan dari beberapa desainer Kota Solo,so beautiful! :)


           Mulai dari bertemakan Jumputan,Kebaya kontemporer dan Eksotika Papua ,
  merupakan Konsep yang luar biasa idenya :)



Dengan dua event ini,kota Solo telah  mengeksitensi lebih maju terutama dalam dunia fashion yang beragam wujudnya baik yang dikenakan maupun fashion karnival apalagi dengan kain Batik yang tak lepas menjadi pokok utama dalam karakteristik perkembangan fashion Indonesia . Dengan hal ini juga kain Batik yang dahulunya hanya dikenal sebagai sejarah kuno dan hanya orang-orang tua yang mengenakan dikala acara formal,namun sekarang semua orang telah menggunakan batik disetiap acara apapun,disekolah,kantor menjadi dresscode wajib mengenakan batik. Dan juga semoga Batik dan prosesnya selalu dilestarikan keasliannya oleh para generasi muda.






2 komentar: